Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro



Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro
Windows 8 merupakan serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media, atau apalah namanya yang terpenting dapat mendukung sistem operasi windows 8. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antar muka windows 8 di ubah agar dapat digunakan pada perangkat layar sentuh. seperti yang kalian lihat pada gambar diatas merupakan antar muka pada komputer saya, lumayan kan,,,,,. Itu tadi sedikit kilas balik dari windows 8.

Lalu apa yang sebenarnya akan kita bahas kali ini yang jelas bukan windows 8 melainkan .NET Framework 3.5, lalu apa itu .NET Framework, merupakan kerangka kerja yang menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat Wikipedia. Jadi si framework ini dignakan agar suatu perangkat lunak dapat berjalan di os Windows 8, seperti corel draw dan sebagainya. Seperti pengalaman saya misalnya untuk menginstall corel draw cs5 saya harus terlebih dahulu menginstal .NET Framework 3.5 karena corel hanya mendukung versi 3.5, sedangkan Windows 8 sendiri .NET Frameworknya sudah versi 4.0.
Kalau diterusin nanti bisa kebablasan, jadi caranya untuk menginstall .NET Framework 3.5 di windows 8 secara offline caranya cukup mudah karena windows 8 sendiri sebenarnya sudah menyertakannya hanya saja belum di aktifkan.

1. masukkan dulu DVD instalasi Windows 8 kamu.

Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro

lihat baik-baik di drive mana DVD Windows 8 kamu berada.

2.Buka Command Prompt/CMD (Run as administrator), caranya klik kanan pada start (sorot bagian kiri bawah lalu klik kanan) lalu pilih Command Prompt (Admin)
lihat pada gambar di bawah ini

Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro

 Nanti akan muncul gambar seperti ini.

Cara Install .NET Framework 3.5 Secara Offline pada Windows 8 Pro

 setelah itu masukkan perintah seperti berikut :


DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:E:\sources\sxs /LimitAccess

Ingat !!! jangan sampai salah memasukkan lokasi DVD windows 8 kamu. Ganti tulisan yang berwarna merah di atas dengan lokasi drive instalasi Windows 8 kamu.

Setelah itu tunggu sampai proses instalasinya selesai hingga 100%. jika sudah 100% berarti sudah siap.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba

73 comments - Post Yours! Read Comment Policy ▼

PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Dede Tolibin on April 9, 2013 at 6:13 AM said...

Bagus nih gan tutorialnya sangat membantu.
Terimakasih

Wisnu Nugroho on April 10, 2013 at 6:06 AM said...

@Dede Tolibin
terima kasih kembali, semoga dapat bermanfaat bagi para pengguna windows 8

Tri Indra Kusuma on April 20, 2013 at 8:34 PM said...

gag bisa gan, sekarang error terus
kira kira kenapa ya??
help please :(

Wisnu Nugroho on April 21, 2013 at 11:00 AM said...

@Tri Indra Kusuma

Apa error: 87

jika error: 87 coba copy folder sxs yang ada di driver windowsnya ke Local Disk C, dan ganti namanya menjadi net

"folder sxs ada di dalam folder sources"

lalu buka command prompt (Admin) dan masukkan perintah berikut:

Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:c:\net /LimitAccess

dan jika masih error berarti driver windows agan mungkin corrupt
sebaiknya download frimeworknya secara langsung
bisa didownload di link diatas

sadudin taftayani on May 29, 2013 at 7:38 PM said...

info bagus dan mau di coba,thx gan

noer rifqy on June 11, 2013 at 7:04 AM said...

Thank's GAN

rahmat solihin putra on June 14, 2013 at 9:42 PM said...

thank's bro

yanno28 on July 6, 2013 at 2:28 PM said...

Gan....punya ane stuck d 65%
Help Me....
Error 0x800f081f

yanno28 on July 6, 2013 at 2:34 PM said...

Perhatiin spasinya bro....spasi sblm backslash.

Wisnu Nugroho on July 8, 2013 at 3:34 PM said...

@yanno28
kemungkinan corrupt gan, terpaksa download manual aja

Victory Blue on July 13, 2013 at 6:56 AM said...

Nice Info
Free Download Film
http://bigbangfilem.com

Sofyan Abdilah on July 15, 2013 at 10:03 PM said...

Iya gan sama kaya punya ane stop d 65.8%
Error:0x800f081f
The source files could not be found
...
...
...
The dism log file can be found at c:\windowa\logs\dism\dism.log

Wisnu Nugroho on July 16, 2013 at 4:23 AM said...

@Sofyan Abdilah

Nah itu The dism log file can be found, berarti corrupt gan. Yah download manual frameworknya saja lalu install, selesai.

kalau mau unduh bisa masuk skydrive saya kebetulan saya sudah upload.
Download Framework 3.5
File sekitar 32,1 Mb

xez on July 17, 2013 at 5:02 AM said...

mas, ini tool install cara off9 jika ngak mau pasang .net35 guna command prompt http://www.askvg.com/download-microsoft-net-framework-3-5-offline-installer-for-windows-8/

lili ajah on July 17, 2013 at 5:14 AM said...

coba yang ini simple BGT :D tinggal masukin cd w8, buka cmd di c:\windows\system32 jngan lupa di run as administrator kmudian masukan ini
Dism.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Sources:x:\sources\sxs /LimitAccess
yang x itu letak cd windows, misal di drive nya di g tinggal tulis g.

lili ajah on July 17, 2013 at 5:22 AM said...

salah nulis lagih :D maaf..
Dism.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:x:\sources\sxs /LimitAccess
jangan lupa ganti x dengan letak cd w8..
semoga membatu..

Zaqi Sleep on July 19, 2013 at 4:11 PM said...

gan, ane udah ketik di command pas ane tekan enter ko muncul
"this app can't run on your pc"
to find a version on your PC, check with software publisher

Fahmi Mahardika on August 3, 2013 at 4:48 AM said...

TERIMA KASIH BANYAK GAN..:D

sony nax bali on August 8, 2013 at 4:36 PM said...

thanks gan

panji sastra on August 11, 2013 at 4:50 AM said...

th'x gan work di tkp ane...

Akbar Nur on August 12, 2013 at 12:56 PM said...

Triknya berharga bnget
makasih bnget ea gan ?

Gunawan Salim on August 21, 2013 at 12:24 AM said...

Txs gan,berkat trik ini skarang gag prlu ribet klo mau instal ulang win 8. Ane sdh berhasil ikuti triknya and 100% work.

Muhammad Khairul Husni on August 26, 2013 at 9:37 AM said...

Tutorialnya sangat bagus...
ratusan blog saya buka, cuma ini yang membatu...
Lanjutkan posting blognya bro....

Wisnu Nugroho on August 26, 2013 at 5:05 PM said...

@Muhammad Khairul Husni

Makasih gan, iya gan udah 1 bulan gak ngepost lagi doakan aja gan biar tetap semangat ngeblognya

Kholil Rohman on August 30, 2013 at 10:34 AM said...

matur suwun gan ,., pahalamu besar hari ini

Deden Palutra on September 1, 2013 at 5:21 AM said...

thanks kunjungi deden-arpega.blogspot.com

d abror on September 4, 2013 at 6:44 AM said...

gan..pke cara cmd g bsa...trs yang offline g bisa juga..ada cara lain lagi g gan..

Wisnu Nugroho on September 5, 2013 at 8:26 AM said...

@d abror

agan bisa download NET Framework 3.5 di Skydrive saya gan, klik aja DISINI (sekitar 32,1 Mb)
setelah selesai download lalu install dan tunggu sampai selesai, semoga membantu.

Fathur Dalileo on September 7, 2013 at 7:30 AM said...

Gan kenapa ya kok saya bacaannya kayak gini :

Error:740
Elevated permissions are required to run DISM.
Use an elevated command prompt to complete these tasks.

Please solusinya gan :|

Wisnu Nugroho on September 7, 2013 at 9:40 AM said...

@Fathur Dalileo

itu kayaknya agan pakai CMD yang biasa, bukan yang run as administrator. Agan harus pakai yang administrator untuk bisa mengeksekusi perintahnya

pilih Command Prompt (Admin)
yang ada tulisan (Admin) nya gan
Semoga membantu

Fathur Dalileo on September 7, 2013 at 8:10 PM said...

@Wisnu Nugroho

Oh gitu ya, iya sih emang bener saya pake cmd.exe yg biasa

Tapi saya barusan udah coba nih, tapi tetep error. Messagenya gini :

Error di 65.8%

Error: 0x800f0906
The DISM log file can be found at C:\Windows\Logs\DISM\dism.log

Tolong pencerahan lagi gan

Wisnu Nugroho on September 8, 2013 at 3:46 PM said...

@Fathur Dalileo

Itu kemungkinan corrupt gan, karena ada file yang tidak bisa ditemukan.

Sebenarnya cara ini bergatung pada driver masing-masing, jika Windows agan asli kemungkinan besar pasti berhasil, tapi jika Windows agan tidak asli kemungkinan besar pasti gagal karena driver yang tidak asli kebanyakan akan corrupt gan, banyak file-file yang hilang ataupun rusak, bahkan ada yang sudah disisipi virus.
Jadi satu-satunya solusi yang bisa saya sarankan ialah, luangkan sedikit internet agan buat ngedownload net frameworknya dan simpan di komputer agan, karena jika agan sudah punya net frameworknya maka bisa digunakan seterusnya. Dan tinggal install aja net frameworknya jika dikemudian hari agan membutuhkannya ataupun di bagikan kepada teman-teman agan yang membutuhkan.
Jika agan ingin mendownload net frameworknya, saya sudah upload di Skydrive saya DISINI (sekitar 32,1 Mb)

nanti jika agan membutuhkan net framework 4.0 ataupun 4.5 saya bisa upload lagi di Skydrive saya
Semoga membantu

Sugi Rachmat Ade Irawan on September 21, 2013 at 7:08 PM said...

Mantap gan,, punya saya succesfully ...

Tutorialnya membantu banget ..

Admin on September 26, 2013 at 7:40 PM said...

Terima Kasih .. Mas.. Tutornya sangat membantu Laptop Win 8 saya..

wildan fauzy on September 27, 2013 at 1:48 AM said...

@lili ajahsukses gan, ane pake yang ini :D

Ariyadi Kartosetomo on September 28, 2013 at 7:14 AM said...

Contoh di atas pakai windows 8.1 ya? kalau win8 kan gak ada tombol startnya...

Wisnu Nugroho on September 28, 2013 at 9:23 AM said...

@Ariyadi Kartosetomo

Ini untuk windows 8 mas, untuk windows blue(8.1) nya belum saya coba.
Di windows 8 Start button nya memang tidak ada mas, tapi jika disorot di kiri bawah maka akan muncul icon startnya (bertuliskan Start) tapi fungsinya agak berbeda dengan versi windows sebelumnya, jika kita click maka desktop akan beralih ke metro interface dari windows 8nya, jika klik kanan maka muncul beberapa pilihan dasar yang ada pada start button versi windows sebelumnya seperti run, cmd, atau control panel.

Feny Rosyana on September 29, 2013 at 1:46 AM said...

maaf kalo sudah instal Net Framworknya tyus langsung bisa gag nui buat instal program yang butuh framwork? misal kaya Autocad 2010 bisa lang sung di instal ga? kalo udah nginstal Framworknya??
bales yaa :)

Edo Alham on October 5, 2013 at 9:50 PM said...

@Sofyan Abdilah
saya juga gitu tapi masalahnya sudah ketemu waktu tekan source:F:
keliru cuma source:F duank kurang tanda titik dua

coba agan yang teliti, sekrang punya ane succses

Aji Ramdani on October 11, 2013 at 7:01 AM said...

Gan yang ane masih gagal melulu Instal Net.Fremwork manual juga gagal Gan.

Aji Ramdani on October 11, 2013 at 7:02 AM said...

Gan bisa minta Semua Net.Fremwork ga Gan yang 64 bit.

Juned Albughisy on October 12, 2013 at 9:45 AM said...

gan ini work gak buat windows 8 entrprise n 64-bit? mohon cepat di balas :)

Dante Yukihiro on October 30, 2013 at 11:58 AM said...

Gan, saya sudah punya Net Framework dari versi awal sampai versi 4, tapi pas saya tekan tombol install ternyata disuruh ngedownload (lagi) padahal saya sudah punya Net Framework yang ia mau, jadi gimana tuh mas? Mohon bantuannya ya ^_^

Kha Vostro on November 1, 2013 at 2:44 PM said...

gw pake offline gabisa,gw jga dh download tetep gabisa..gimana inih -_-

Kusuma Wijaya on November 7, 2013 at 10:38 AM said...

Bener2 work gan, tadi udah mau nyerah gan gak mau2 berhasil ke install..

eh ternyata, kesalahan ada pada spasi nya gan... hehehe

yoga eka prasetya on November 10, 2013 at 2:37 AM said...

mantab mas :)

Bangkit_WP on November 18, 2013 at 9:37 AM said...

@lili ajah Sama caranya agan baru berhasil :) tinggal dimasukin Flashdisk yg isi OS Windws 8 dan... sukses... thanks gan

Rizki Nugraha on November 18, 2013 at 11:18 AM said...

nuhun gan

Afif Rianto on November 18, 2013 at 4:26 PM said...

udaa saya download dan instal
tapi blum bisa net framework nya blum work
knapa yaa ?

syoga33 on November 20, 2013 at 4:28 AM said...

makasih gan tutorialnya sangat membantu :D

badaruddin albakhtiar on November 24, 2013 at 12:56 PM said...

thanks gan ane berhasil 100%, sangat membantu artikelnya.........

Hendy Seluziin on November 24, 2013 at 2:39 PM said...

Makasih infonya sob, saya coba yah

Zakaria on November 28, 2013 at 12:58 PM said...

mantap gan solusinya, terimakasih,...

oia, mohon pencerahannya,..
kira2 apa hubungannya ya error 87 sama nama folder di ganti jadi "c:\net"???

awalnya ane error terus, ane pake nama c:\sxs n nama lainnya,....
setelah di ganti jdi c:\net langsung bisa berhasil instal nya,...

Fajar setiawan on November 28, 2013 at 8:09 PM said...

ini yag saya cari-cari gan. berhasil.. (y)

Utha Gobel on November 30, 2013 at 4:07 PM said...

Sukses brooo... Tengkyu...

guri on December 7, 2013 at 5:06 PM said...

gan, saya gk punya CD win8 nya.. Tp saya dapet file hasil download nama file nya sxs_x86.. Saya sudah ikutin cara agan, tp ttp gk bs.. tolong pencerahanya gan... Thanks...

Aulia Amal on December 10, 2013 at 11:33 AM said...

sya sudah instal net framework 3.5 nya dari skydrive agan, tetapi sewaktu startup malah minta install netframeworknya, pdhalkan sudah saya install sebelumnya, knpa ya bsa begitu?

Akmal Fuadi on December 15, 2013 at 3:50 AM said...

Mksh bermanfaat banget!

Wahyu Widyatmaka on December 25, 2013 at 6:53 PM said...

cara instal manual ,, gk pake file ISOnya gimana ? kan ane udah download tapi bingung cara nginstalnya secara manual

Wahyu Widyatmaka on December 25, 2013 at 6:56 PM said...

apa tetep pake CMD ??

Wisnu Nugroho on December 25, 2013 at 7:47 PM said...

@Wahyu Widyatmaka

Kalau udah download frameworknya tinggal double click aja gan, tinggal tunggu sampai proses instalnya selesai

Mochamad Rohadi Triana on December 29, 2013 at 7:22 PM said...

Saya udah download manual tapi tetep eror 0x800f0906. Itu kenapa ya gan, tolong bantuannya, makasih

luthfi romadhon on January 6, 2014 at 8:55 PM said...

seep Ganz,,,...Greegeet

Acmad on January 19, 2014 at 4:01 PM said...

keren gan.. work 100% trimakasih bgt ya..
Buat tmen2 yg blm bisa ingat, spasi juga pengaruh lho di comand prompot

Alan Budi Kesuma on January 29, 2014 at 2:31 PM said...

ane udah install framework 3.5 yang agan share di skydrive,
memang kalo dari cpanel udah terinstall, tapi kok waktu ane mau install VS 2008 gak bisa ya, katanya framework 3.5 nya belum terinstall.

Jay on January 31, 2014 at 9:03 AM said...

Check out this extremely easy solution
geekworldvillage.blogspot.com

ajis wahyudin on January 31, 2014 at 1:29 PM said...

kalo ada yang pada kaga ngarti nih gua kasih yang instan... kasian bnget lu smua pada di bikin bingung nihhh http://media.askvg.com/files/Microsoft-Dot-Net-Framework-35-Offline-Installer-for-Windows-8.zip

deont isme on February 12, 2014 at 3:33 PM said...

Bisa reupload ke GDrive atau Dropbox gan?
dari skydrive lama bgt downloadnya.
(saran aja, biar yg laen gampang donlotnya, ini 30mb an aja sampe 30 menit. -,-)
Keep Blogging gan ! XD

Cah Kene on February 16, 2014 at 1:37 AM said...

Makasih gan sangat membantu..

rizky aji dharma on February 23, 2014 at 9:04 AM said...

Thnx its work :)

DaniYoga Pratama on February 25, 2014 at 5:23 PM said...

gan, ane coba offline stuck di 60,8 persen terus error
terus nyoba online malah error

itu kenapa ya?

Nicky Sukmawan on March 14, 2014 at 2:29 PM said...

thanks share nya gan...mampir sini ya http://teknisiku.com/

Muhammad Saleh on May 23, 2014 at 3:18 AM said...

terimakasih atas infonya .. triknya work di windows 8 ane

Post a Comment

Please Comment With a Polite
1. No Pornography
2. No Spam, Spam comment will be deleted


To use HTML Code in comment box use HTML Encode

 

Support Us

You can add this badge below to your blog to support us. I hope our blog can help you.


Recent Comments

About Me

Hello, My name is Wisnu, now I study at STMIK AMIKOM Yogyakarta, in Indonesia. Read More..

Oqzigen Shared © 2013. All Rights Reserved | Powered By Blogger |